Ali bin Abi Talib

Penulis: Ali Audah
Penerbit: Litera AntarNusa
Ukuran: 16.3x25
Berat: 783 gr

Harga: Rp. 80.000,-

Ali termasuk salah satu dari sepuluh sahabat Rasulullah SAW yang dijamin masuk surga. Kecerdasannya pun diakui oleh Nabi. Hanya dia di antara al-Khulafa’ar-Rasyidun yang meninggalkan sebuah karya menumental, ‘Nahj al-Balagah’.

Sejarah membuktikan bahwa Ali adalah tokoh muda pemberani masa itu, sebagai tameng hidup Nabi ketika berangkat hijrah, membuat ciut nyali musuh dalam beberapa peristiwa penting, serta penakluk benteng Khaibar. Kontroversi mengenai dirinya pun tak kalah hebatnya, pengangkatan kekhalifahan setelah Nabi, kematian Usman bin Affan, pemberontakan dua kelompok oposisi, Aisyiah dan Mu’awiyah, hingga terbunuhnya Ali di tangan Ibn Muljam seorang Khawarij.

Biografi ini insya Allah bersih dari segala kepentingan dan tidak memihak salah satu kelompok manapun karena ditulis berdasarkan sumber-sumber sejarah yang kuat dan dapat dipertanggung-jawabkan serta bukan hanya bersifat deskriptif, melainkan juga studi analitis. Hal tersebut lebih tampak ketika memasuki babak baru setelah Ali, yakni peristiwa penting kehidupan kedua putranya Hasan dan Husain, sejak kelahirannya hingga dewasa.

Pengaruh kekuasaan serta peranan Basrah dan Kufah berhadapan dengan Yazid serta nasib Husain. Mengapa terjadi demikian dan bagaimana akhirnya? Semua dikupas tuntas disertai analisa yang tajam dari penulisnya, Ali Audah. Dia lebih dikenal sebagai sastrawan dan budayawan yang telah mengantarkan empat seri tokoh sejarah (best Seller) karya Muhammad Husain Haekal, yakni Sejarah Hidup Muhammad, Abu Bakr as Siddiq, Umar bin Khattab dan Usman bin Affan. Sehingga dengan hadirnya buku ini, menambah kelengkapan koleksi buku biografi sebelumnya.