Tarjamah Bulugul Maram

Penulis: A. Hassan
Penerbit: Diponegoro Bandung
Ukuran: 15x21
Berat: 686 gr

Harga: Rp. 52.500

BULUGHUL-MARAM MIN ADILLATIL-AHKAM, karangan al-hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani, adalah suatu kitab fiqih yang kecil berdasarkan sunnah Rasullullah SAW.

Di abad yang akhir ini, kitab tersebut, kedengaran terpakai di mana-mana dan Indonesia pun tidak ketinggalan, terutama di antara pelajar-pelajar di madrasah-madrasah dan pesantren-pesantren.

Tetapi kitab itu disusun oleh pengarangnya seolah-olah untuk orang-orang yang sudah tau ilmu Mush-thalahul Hadits, ilmu Ushulul-fiqih dan sudah mahir didalam urusan fiqh dan Hadits.

Saya katakan demikian, karena di beberapa bab terdapat Hadits-hadits yang nampaknya berlawanan. Hadits yang shahih dan lemah, hingga tidak mudah bagi orang yang tidak berpengalaman, mengambil faidah daripadanya.

Oleh sebab dibahasa Indonesia belum ada satu kitab fiqh berdasarkan Sunnah mengandung juz-juz ‘ibadah, Mu’amalah, Munakahah, Jinayah yang sederhana sedang beberapa ikhwan dari guru-guru minta saya terjemahkan BUUGHUL-MARAM dengan terjemahan yang mudah difaham artinya, dengan penerangan yang menggampangkan pembaca mengerti maksudnya dengan menjelasakan cara-cara memakai hadits-hadits yang bertentangan dan lain-lain yang perlu dengan kitab itu, maka sungguhpun pekerjaan berat, tetapi saya telah coba dan Alhamdulillah telah berhasil.

Didalam pendahuluan ini saya hendak terangkan beberapa fashal yang ringkas-ringkasnya yang patut diketahui oleh pembaca yang belum biasa dengan urusan-urusan Hadits, Ushululfiqh dan ish-thilah-ishtillah yang terpakai di dalam kitab ini.