Usman Bin Affan


Penulis:  Muhammad Husain Haekal
Penerbit: Litera AntarNusa
Ukuran: 15.7x24.7
Berat:  385 gr

Harga: Rp. 35.000

Dalam buku ini terlbih dulu pengarang memperkenalkan kepada kita sosok Khalifah ketiga ini, Usman bin Affan, paras muka, gerak-gerik dan kegemarannya, asal-usul dan kedudukannya disamping Nabi dan para sahabat, akhlaknya sebelum dan sesudah masuk Islam. Perkawinannya dengan Ruqayyah dan Um Kulsum putri-putri Nabi, sampai hijrahnya ke Abisinia.

Diuraikan rangkuman peristiwa Majelis Syura untuk pemilihan khalifah pengganti Khalifah Umar bin Khattab. Persaingan antara banu Hasyim dan Banu Umayyah memperebutkan jabatan khalifah sampai terpilih dan dilantiknya Usman. Dilema pertama yang dihadapinya menyelesaikan masalah hukum setelah Umar, sampai terjadinya pergolakan di beberapa daerah. Sikap Banu Hasyim terhadap pemerintahan Usman dan sikap kabilah-kabilah terhadap kekuasaan Kuraisy.

Bagaimana politik Usman berhadapan dengan semua itu, yang juga tidak lepas dari rongrongan kekuasaan Romawi dan Persia yang selalu mengancam?

Kalau jasa Abu Bakr mengenai Qur’an ketika ia mengumpulkannya atas usul Umar karena dikhawatirkan akan banyak yang hilang setelah para sahabat yang hafal banyak yang gugur, maka Usman membuat lengkah penting mengenai qira’at (pembacaan) Qur’an. Setelah Islam tersebar makin luas, ternyata orang membaca Qur’an dengan lafaz yang beragam dan disana-sini sering terjadi perdebatan sekitar qira’at mana yang lebih tapat. Saat itulah, setelah bermusyawarah dengan para ahli Usman kemudian mengambil langkah menyeragamkan bacaan Qur’an. Langkah inilah yang telah menghasilkan Mushaf Usman dan yang dipakai Muslimin seluruh dunia sampai sekarang. Itulah tindakannya yag sangat berarti di masa pemerintahannya.

Munculnya tokoh-tokoh misterius yang lebih banyak diwarnai oleh ambisi politik disusul kemudian dengan timbuknya fitnah dan peristiwa tragis sampai Khalifah Usman sendiri tidak bersalah harus menjadi  korban.